Kamu Lulusan Sarjana Bahasa Inggris? Ini dia Profesi Kekinian Yang Bisa Kamu Coba

Hai! Apakah kamu seorang sarjana dari jurusan Bahasa Inggris atau mungkin masih aktif sebagai mahasiswa? Pastinya rencana untuk karir setelah lulus harus dipersiapkan dengan baik-baik. Dari sudut cakupannya sendiri, jurusan bahasa Inggris memiliki prospek yang luas di berbagai bidang, karena bahasa bukan hanya objek tapi merupakan alat yang dapat kamu manfaatkan dalam berbagai hal. Seiring dengan berkembangnya era, penggunaan ilmu bahasa akan tetap selalu dibutuhkan. Khususnya untuk sekarang ini, penggunannya dikolaborasikan dengan teknologi. Yuk cek jenis profesi kekinian apa saja yang bisa kamu coba.

1.    Translator 


Secara kamu memiliki basic yang kuat dalam penguasaan bahasa asing, yup kamu bisa memulai karir sebagai seorang translator. Terlebih jika kamu memiliki ketertarikan lebih dalam bidang penerjemahan, pekerjaan ini akan sangat mengasyikan. Asyiknya gimana tuh? Dengan menjadi translator kamu bisa mendapat banyak pengetahuan baru yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya. Ketika kamu menjadi seorang translator, akan ada banyak permintaan untuk menerjemahkan berbagai jenis dokumen pada bidang yang berbeda-beda, sehingga hal tersebut akan menambah wawasan kamu dalam berbagai hal. 

 

 2.    Interpreter

https://blog.languageline.com/uk/why-hire-a-language-services-provider

 

Profesi yang satu ini sebenarnya mirip dengan translator, pekerjaan seorang interpreter juga masih berhubungan dengan menerjemahkan suatu bahasa sumber ke bahasa target. Namun, jika seorang translator mengerjakan project pekerjaan dalam bentuk teks tertulis, lain halnya dengan interpreter yang menerjemahkan bahasa secara lisan. Pendeknya, interpreter adalah translator versi lisan. Pekerjaan ini banyak dibutuhkan di berbagai bidang seperti hubungan diplomat, industrial, bisnis, jurnalisme, seminar internasional dan masih banyak lagi. Juga kalau kamu punya mimpi untuk bisa berpergian ke luar negeri, pekerjaan sebagai interpreter dapat membantumu untuk mewujudkan itu lo. Loh kok bisa? Ya, jika kamu sudah menekuni pekerjaan ini sampai pada level profesional, terkadang beberapa agenda pekerjaan  mengharuskan kamu untuk melakukan perjalanan dinas  ke luar negeri.  Kamu akan bertemu banyak orang baru dan dapat berinteraksi langsung dengan orang-orang dari luar negeri. Asyik bukan?

 

3.    Content Writer, Copywriter & UX Writer 

https://medium.com/@aulley/bekal-buat-jadi-ux-writer-bd9f0f8f556c

 

Profesi selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah menjadi penulis (writer). Ada banyak jenis pekerjaan sebagai penulis, seperti penulis novel, buku, puisi dll. Namun beberapa tahun belakangan ini terdapat jenis profesi penulisan yang namanya mungkin belum begitu  familiar bagi khalayak umum, tapi perkembangan dan kebutuhannya sangat pesat seiring dengan penggunaan teknologi yang semakin masif. Diantaranya yaitu profesi sebagai content writer, copywriter, ataupun UX writer. Hampir semua bidang usaha dan bisnis sekarang ini membutuhkan orang dengan skill tersebut. Meskipun sama-sama dikategorikan dalam bidang penulisan, namun tentu saja 3 jenis pekerjaan kepenulisan tersebut memiliki job desk dan fokus yang berbeda. Content writer adalah seseorang yang bertugas untuk membuat tulisan mengenai suatu topik untuk menarik minat pembaca. Copywriter adalah seseorang yang bertugas mempromosikan barang atau jasa melalui tulisannya. Sedangkan UX writer adalah seseorang yang bertugas membuat tulisan untuk menciptakan pengalaman baik bagi user dalam menggunakan suatu produk (biasanya aplikasi).

 

4.    Voice Over

Jenis pekerjaan yang satu ini juga mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Tapi sadar atau tidak, setiap hari kita menemui banyak hal yang melibatkan pekerjaan seorang voice over di dalamnya. Voice over atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai suara latar, merupakan teknik produksi suara dan terpisah dari adegan karakter dalam audio atau video. Voice over ini biasanya digunakan dalam radio, televisi, film, video dan presentasi lainnya. Nah perbedaannya dengan dubber adalah dubber lebih difungsikan sebagai pengganti bahasa, sehingga suara yang dihasilkan harus mengikuti ekspresi dan sinkronasi dengan karakter yang ditampilkan di dalam video. Nah kamu dapat menjadi voice over bahasa Inggris di berbagai media yang membutuhkan jasa tersebut.  Jangan lupa untuk berlatih berbicara dengan artikulasi, pengucapan, nada, dan intonasi yang baik ya. 

 

Nah itulah jenis-jenis pekerjaan yang bisa kamu pertimbangkan untuk berkarir apabila kamu memiliki background keahlian berbahasa Inggris. Akan sangat baik apabila kamu dapat membangun karir di bidang yang memang kamu sukai. Tentunya setiap jenis pekerjaan memiliki sisi menyenangkan dan tantangan tersendiri. Asal kamu semangat dan gigih dalam berusaha, pasti kamu dapat mewujudkan karir yang cemerlang pada bidang yang kamu pilih. 

Komentar

  1. Ini adalah panduan bermanfaat bagi lulusan Bahasa Inggris yang sedang mencari pilihan karier. Daftar profesi beragam dan informatif. Pelajari lebih lanjut tentang Forex Translation Services

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer